PENERAPAN MODEL REALISTIC
MATHEMATICS EDUCATION (RME)
DI SEKOLAH
DASAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Materi : Satuan
Panjang
Kegiatan
Awal:
1.
Mengkondisikan
siswa untuk siap mengikuti pembelajaran
2. Memotivasi
siswa dengan memberikan apersepsi bahwa materi pengukuran panjang sangat
penting dalam kehidupan sehari-hari
3.
Menyampaikan
hal-hal yang akan dilakukan siswa saat proses pembelajaran secara garis besar
Kegiatan
Inti:
1. Mengajukan
pertanyaan kepada siswa mengenai bagaimana caranya untuk mengetahui panjang
dari buku tulis
Prediksi
Respon Siswa
|
Tindakan
Antisipatif Guru
|
Diukur
|
“bagus, bagaimana cara kita
mengukur buku tersebut”?
|
2.
Kemudian
bertanya kembali bagaimana cara mengukurnya
Prediksi
Respon Siswa
|
Tindakan
Antisipatif Guru
|
mengunakan jengkal tangan
|
“bagus, bagaimana jika ukuran
jengkal setiap siswa berbeda?”
“ada cara yang lain?”
|
Menggunakan penggaris
|
“bagus, bagaimana cara
mengunakan pengaris untuk mengukur panjang buku?”
|
3. Siswa
dibagi ke dalam beberapa kelompok dengan jumlah angota 4-5 orang. Setiap
kelompok diberikan alat ukur panjang berupa metelin, pengaris, dan rolll meter.
Guru meminta siswa menggunakan alat ukur tersebut untuk mengukur benda yang ada
di dalam kelas
Prediksi
Respon Siswa
|
Tindakan
Antisipatif Guru
|
Menggunakan penggaris untuk
mengukur buku tulis
|
“Bagaimana jika yang diukur
adalah meja?”
|
Menggunakan penggaris untuk
mengukur meja
|
“apakah penggaris alat ukur
yang sesuai untuk mengukur meja? kenapa?”
“Selain pengaris kira-kira,
menggunakan apa lagi untuk mengukur meja?”
|
Menggunakan roll meter untuk
mengukur meja?
|
“bagus, alat ukur mana yang
lebih sesuai untuk menggukur meja? Selain meja, benda apa lagi yang dapat
diukur menggunakan rolll meter?”
“alat ukur yang lain dapat
digunakan untuk mengukur benda apa lagi?”
|
Menggunakan metelin untuk
mengukur papan tulis
|
“apakah metelin sesuai untuk
mengukur papan tulis?”
“benda apa yang sesuai jika
diukur menggunakan metelin?”
|
Menggunakan metelin untuk
mengukur panjang seragam celana siswa
|
“apakah metelin alat ukur yang
sesuai untuk mengukur seragan celana?”
|
4. Selain
itu guru juga meminta siswa untuk menuliskan hasil pengukurannya, dalam hal ini
mungkin siswa belum tahu satuan dari panjang
Prediksi
Respon Siswa
|
Tindakan
Antisipatif Guru
|
Menuliskan hasil pengukuran
terhadap benda-benda
Meja 100
Celana 70
Buku 30
|
“ada yang tahu satuan untuk
panjang itu apa?”
|
5. Dengan
mengingat-ingat pengalamannya, mungkin ada beberapa siswa yang mengetahui
tentang satuan panjang
Prediksi
Respon Siswa
|
Tindakan
Antisipatif Guru
|
Meter
|
“apakah satuan panjang hanya
meter?”
|
centi meter
|
“Bagus, ada satuan panjang yang
lain?”
“satuan panjang apa yang
digunakan untuk hasil pengukuran yang telah kalian lakukan?”
|
Meter
centi meter
|
Guru menjelaskan bahwa satuan
untuk alat ukur yang digunakan adalah centi meter, tapi hasil dari pengukuran
bisa diubah menjadi meter
|
6.
Guru
meminta siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas
Guru bersama siswa
menyimpulkan bahwa “setiap alat ukur yang digunakan mempunyai fungsi yang
berbeda”
No comments:
Post a Comment