Wahana publikasi Sekolah Dasar Negeri Gintung Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat 43192 Phone/Fax:(0266) 263 594 sdngintung@yahoo.co.id sdngintung@gmail.com

Friday, December 2, 2016

PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)

PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)
DI SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Materi : Satuan Panjang

Kegiatan Awal:
1.      Mengkondisikan siswa untuk siap mengikuti pembelajaran
2.   Memotivasi siswa dengan memberikan apersepsi bahwa materi pengukuran panjang sangat penting  dalam kehidupan sehari-hari
3.      Menyampaikan hal-hal yang akan dilakukan siswa saat proses pembelajaran secara garis besar

Kegiatan Inti:
1.    Mengajukan pertanyaan kepada siswa mengenai bagaimana caranya untuk mengetahui panjang dari buku tulis
Prediksi Respon Siswa
Tindakan Antisipatif Guru
Diukur
“bagus, bagaimana cara kita mengukur buku tersebut”?


2.      Kemudian bertanya kembali bagaimana cara mengukurnya
Prediksi Respon Siswa
Tindakan Antisipatif Guru
mengunakan jengkal tangan
“bagus, bagaimana jika ukuran jengkal setiap siswa berbeda?”

“ada cara yang lain?”
Menggunakan penggaris
“bagus, bagaimana cara mengunakan pengaris untuk mengukur panjang buku?”


3.  Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok dengan jumlah angota 4-5 orang. Setiap kelompok diberikan alat ukur panjang berupa metelin, pengaris, dan rolll meter. Guru meminta siswa menggunakan alat ukur tersebut untuk mengukur benda yang ada di dalam kelas

Prediksi Respon Siswa
Tindakan Antisipatif Guru
Menggunakan penggaris untuk mengukur buku tulis
“Bagaimana jika yang diukur adalah meja?”
Menggunakan penggaris untuk mengukur meja
“apakah penggaris alat ukur yang sesuai untuk mengukur meja? kenapa?”

“Selain pengaris kira-kira, menggunakan apa lagi untuk mengukur meja?”
Menggunakan roll meter untuk mengukur meja?
“bagus, alat ukur mana yang lebih sesuai untuk menggukur meja? Selain meja, benda apa lagi yang dapat diukur menggunakan rolll meter?”

“alat ukur yang lain dapat digunakan untuk mengukur benda apa lagi?”
Menggunakan metelin untuk mengukur papan tulis


“apakah metelin sesuai untuk mengukur papan tulis?”

“benda apa yang sesuai jika diukur menggunakan metelin?”
Menggunakan metelin untuk mengukur panjang seragam celana siswa
“apakah metelin alat ukur yang sesuai untuk mengukur seragan celana?”

4.    Selain itu guru juga meminta siswa untuk menuliskan hasil pengukurannya, dalam hal ini mungkin siswa belum tahu satuan dari panjang
Prediksi Respon Siswa
Tindakan Antisipatif Guru
Menuliskan hasil pengukuran terhadap benda-benda

Meja 100
Celana 70
Buku 30
“ada yang tahu satuan untuk panjang itu apa?”

5.   Dengan mengingat-ingat pengalamannya, mungkin ada beberapa siswa yang mengetahui tentang satuan panjang

Prediksi Respon Siswa
Tindakan Antisipatif Guru
Meter
“apakah satuan panjang hanya meter?”
centi meter
“Bagus, ada satuan panjang yang lain?”

“satuan panjang apa yang digunakan untuk hasil pengukuran yang telah kalian lakukan?”
Meter
centi meter
Guru menjelaskan bahwa satuan untuk alat ukur yang digunakan adalah centi meter, tapi hasil dari pengukuran bisa diubah menjadi meter

6.      Guru meminta siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas
Guru bersama siswa menyimpulkan bahwa “setiap alat ukur yang digunakan mempunyai fungsi yang berbeda”

No comments:

Post a Comment