Wahana publikasi Sekolah Dasar Negeri Gintung Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat 43192 Phone/Fax:(0266) 263 594 sdngintung@yahoo.co.id sdngintung@gmail.com

Friday, November 25, 2016

SELAMAT HARI GURU NASIONAL 25 NOVEMBER 2016

SELAMAT HARI GURU NASIONAL 25 NOVEMBER 2016




Tepat pada hari ini Jum`at tanggal 25 November 2016 diperingati sebagai Hari Guru Nasional  yang sudah ditetapkan sejak  tahun 1994 yang telah lalu dan kemudian dituangkan dalam Kepres No 78 tahun 1994 serta ditulis pula di UU No.14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, dengan tujuan untuk lebih menghargai jasa guru dari mulai,,,
ada sampai dengan sekarang. Seiring perjalannya dengan dimulai oleh guru guru pribumi pada masa zaman penjajahan belanda dulu pada tahun 1912 dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda ( PGHB ), dengan anggotanya terdiri dari para Guru Bantu, Guru Desa, Kepala Sekolah dan Penilik Sekolah dengan latar pendidikan yang berbeda beda bertugas pada sekolah desa dan sekolah rakyat.

PGHB dalam memperjuangkan nasib para anggotanya yang memiliki pangkat, satatus sosial dan latar belakang pendidikan yang berbeda. Sejalan dengan itu disamping PGHB berkembang pula organisasi guru antara lain Persatuan Guru Bantu  (PGB), Perserikatan Guru Desa ( PGD), Persatuan Guru Ambachtsschool ( PGA), Perserikatana Normallschool (PNS), Hogere Kweekschool Bond (COV), Katolieke Onderwijsbond ( KOB), Vereneging Van Mulokleerkrachten (VVM) dan Onderwijs Genootschap (NIOG) yang beranggotakan semua guru tanpa membedakan golongan agama.



Kesadaran kebangsaan dan semangat perjuangan yang sejak lama tumbuh mendorong guru pribumi memperjuangkan persamaan posisi dengan pihak belanda, dimulainya dengan pergantian kepala HIS yang dijabat oleh orang belanda perlahan satu satu persatu pindah ke tangan orang indonesia, hal inilah yang kemudian menjadi pemicu semangat kebangsaan untuk menjadi bangsa yang merdeka dari penjajahan belanda.

Kemudian pada medio tahun 1932 nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB), diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI), dengan adanya perubahan ini tentu saja membuat belanda pada waktu itu terkejut, karena ada kata ``Indonesia`` sebagai cerminan dari semangat kebangsaan dan menjadi dambaan serta cita-cita  oleh para guru dan tentunya bangsa indonesia. Pada tahun selanjutnya antara 1942 sd 1945 masuk penjajahan jepang mengalami kemunduran akibat pelarangan oleh jepang, sekolah ditutup dan PGI tidak bisa melakukan aktivitas.


Tahun selanjutnya yaitu tahun 1945 menjadi tonggak sejarah, karena pada tahun itulah proklamasi kemerdekaan oleh Soekarno Hatta dikumandangkan, malalui semangat itu pula yang menjiwai penyelenggaraan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta yang bertujuan menyatukan semua elemen guru yang berbeda suku,agama,ras, golongan, serta guru pensiunan yang aktif dan berjuang semua bersatu untuk negara kesatuan republik indonesia. Maka didalam kongres inilah tepatnya tanggal 25 November 2016 PGRI didirikan.

sumber referensi : wikipedia, pgri.or.id,
http://informasiuptdsukaraja.blogspot.co.id/.


No comments:

Post a Comment