Wahana publikasi Sekolah Dasar Negeri Gintung Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat 43192 Phone/Fax:(0266) 263 594 sdngintung@yahoo.co.id sdngintung@gmail.com

Thursday, November 12, 2015

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) PENERAPAN METODE KOOPERATIF DALAM PEMANFAATAN ALAT RUMAH TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG BENDA YANG BERSIFAT KONDUKTOR DAN ISOLATOR KELAS 6 SD NEGERI GINTUNG KECAMATAN SUKARAJA "



PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)  PENERAPAN METODE KOOPERATIF DALAM PEMANFAATAN  ALAT RUMAH TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG BENDA YANG BERSIFAT KONDUKTOR DAN ISOLATOR  KELAS 6 SD NEGERI GINTUNG KECAMATAN SUKARAJA "
ABSTRAK

Ipah Saripah S.Pd SD (2015). “Penerapan Metode Kooperatif Dalam Pemanfaatan Alat Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Benda Yang Bersifat Konduktor Dan Isolator Kelas 6 SD Negeri Gintung Kecamatan Sukaraja

Kata Kunci: Peralatan Rumah Tangga, Konduktor dan Isolator

            IPA merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sudah diterima, sehingga keterkaitan antar konsep dalam IPA bersifat sangat kuat dan jelas.
Dalam pembelajaran IPA agar mudah dimengerti oleh Peserta Didik, proses penalaran untuk menguatkan pemahaman yang sudah dimiliki oleh Peserta Didik. Tujuan pembelajaran IPA adalah melatih cara berfikir secara, logis, kritis, kreatif dan konsisten.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Peserta Didik dengan diterapkannya metode Kooperatif? (b) Bagaimanakah pengaruh metode Kooperatif  terhadap motivasi belajar Peserta Didik?


Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar Peserta Didik Dalam Pemanfaatan Alat Rumah Tangga sebagai media pembelajaran benda yang bersifat konduktor dan isolator setelah diterapkannya metode Kooperatif . (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar Peserta Didik setelah diterapkan metode Kooperatif.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan hasil. Sasaran penelitian ini adalah Peserta Didik kelas 6 Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar Peserta Didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai II. yaitu, siklus I (65,00%), siklus II (75,00%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Kooperatif  dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Peserta Didik Kelas 6 SD Negeri Gintung Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi Tahun 2015.

ii






DAFTAR ISI

Lembar Pernyataan Teman Sejawat
Lembar Pengesahan

Kata Pengantar .........................................................................................................i
Abstrak ....................................................................................................................ii
Daftar Isi ................................................................................................................iii
BAB  I      PENDAHULUAN ................................................................................6
A.    Latar Belakang ................................................................................................6
B.    Rumusan Masalah ...........................................................................................7
C.    Tujuan Penelitian ............................................................................................7
D.    Manfaat Penelitian ..........................................................................................8
E.    Batasan Masalah............................. ................................................................8
BAB  II    KAJIAN PUSTAKA ...........................................................................9
A.     Model Kooperatif......... ...............................................................................10
B.     Proses Belajar Mengajar ..............................................................................18
C.    Kewajaran Metode Tanya-Jawab...................................................................12
D.    Ketidak wajaran metode tanya-jawab..........................................................13
F.     Keuntungan metode tanya-jawab.................................................................14
BAB  III   METODOLOGI PENELITIAN ......................................................16
A.    Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ........................................................16
B.     Rancangan Penelitian ...................................................................................16
C.    Alat Pengumpul Data ....................................................................................18
D.    Analisis Data .................................................................................................19
BAB  IV   HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ................................21
A.    Hubungan Pembelajaran Model Kooperatif Dengan
Ketuntasan Belajar ...............................................................................................21
B.     Pembahasan .................................................................................................24
BAB  V     KESIMPULAN DAN SARAN ........................................................26
A.    Kesimpulan ...................................................................................................26
B.     Saran ............................................................................................................26
DAFTAR PUSTAKA .........................................................................................27

Selengkapnya bisa di download Disini

No comments:

Post a Comment