ABSTRAK
Ipah Saripah
S.Pd SD (2015). “Penerapan Metode Kooperatif Dalam Pemanfaatan
Alat Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Benda Yang Bersifat
Konduktor Dan Isolator Kelas 6 SD Negeri Gintung Kecamatan Sukaraja”
Kata Kunci: Peralatan Rumah Tangga, Konduktor dan
Isolator
IPA
merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak, yaitu kebenaran suatu
konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sudah diterima,
sehingga keterkaitan antar konsep dalam IPA bersifat sangat kuat dan jelas.
Dalam pembelajaran IPA agar mudah
dimengerti oleh Peserta Didik, proses penalaran untuk menguatkan pemahaman yang
sudah dimiliki oleh Peserta Didik. Tujuan pembelajaran IPA adalah melatih cara
berfikir secara, logis, kritis, kreatif dan konsisten.
Penelitian ini berdasarkan
permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Peserta Didik
dengan diterapkannya metode Kooperatif? (b) Bagaimanakah pengaruh metode Kooperatif terhadap motivasi belajar Peserta Didik?
Sedangkan tujuan dari penelitian
ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar Peserta Didik Dalam
Pemanfaatan Alat Rumah Tangga sebagai media pembelajaran benda yang bersifat
konduktor dan isolator setelah diterapkannya metode Kooperatif . (b) Ingin
mengetahui pengaruh motivasi belajar Peserta Didik setelah diterapkan metode Kooperatif.
Penelitian ini menggunakan
penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran
terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan
hasil. Sasaran penelitian ini adalah Peserta Didik kelas 6 Data yang diperoleh
berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa
prestasi belajar Peserta Didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai II.
yaitu, siklus I (65,00%), siklus II (75,00%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap motivasi
belajar Peserta Didik Kelas 6 SD Negeri Gintung Kecamatan Sukaraja Kabupaten
Sukabumi Tahun 2015.
ii
|
DAFTAR
ISI
Lembar
Pernyataan Teman Sejawat
Lembar
Pengesahan
Kata
Pengantar
.........................................................................................................i
Abstrak
....................................................................................................................ii
Daftar
Isi
................................................................................................................iii
BAB I
PENDAHULUAN
................................................................................6
A. Latar Belakang
................................................................................................6
B. Rumusan Masalah ...........................................................................................7
C. Tujuan Penelitian
............................................................................................7
D. Manfaat Penelitian
..........................................................................................8
E. Batasan Masalah.............................
................................................................8
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
...........................................................................9
A.
Model Kooperatif.........
...............................................................................10
B. Proses Belajar Mengajar
..............................................................................18
C. Kewajaran
Metode Tanya-Jawab...................................................................12
D. Ketidak wajaran metode tanya-jawab..........................................................13
F. Keuntungan metode tanya-jawab.................................................................14
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
......................................................16
A. Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian
........................................................16
B. Rancangan Penelitian
...................................................................................16
C. Alat Pengumpul Data
....................................................................................18
D. Analisis Data .................................................................................................19
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
................................21
A. Hubungan Pembelajaran Model Kooperatif
Dengan
Ketuntasan
Belajar ...............................................................................................21
B. Pembahasan
.................................................................................................24
BAB V KESIMPULAN
DAN SARAN ........................................................26
A. Kesimpulan
...................................................................................................26
B. Saran
............................................................................................................26
DAFTAR PUSTAKA
.........................................................................................27
Selengkapnya bisa di download Disini
No comments:
Post a Comment